2

Jumat, 29 Januari 2010

Sebab-sebab Malas

Rasa malas kadang-kadang ditimbulkan oleh dahak dan lemak di dalam tubuh yang disebabkan karena banyak makan. Cara menguranginya adalah dengan cara mengurangi makan. Diungkapkan, bahwa tujuh puluh Nabi sepakat bahwa lupa disebabkan oleh banyaknya dahak (lendir) ditubuh. Dahak disebabkan oleh banyaknya minum, banyak minum disebabkan oleh banyaknya makan.
Makan roti kering dan anggur kering dapat menghilangkan dahak (lendir). Tapi jangan terlalu banyak, sehingga butuh minum, sementara banyak minum dapat menambah dahak.


Bersiwak (menyikat gigi) juga dapat mengurangi dahak, menambah kemampuan menghafal dan kefasihan membaca. siwak adalah sunah nabi yang dapat menambah pahala salat dan bacaan Al-Quran.

Muntah juga dapat mengurangi dahak dalam kandungan lemak tubuh.
Cara mengurangi makan adalah memikirkan manfaat-manfaat sedikit makan, antara lain kesehatan tubuh, terhindar dari perbuatan haram dan memikirkan orang lain. Dalam hal ini ada syair mengungkapkan :


  • "Aduh celaka, celaka dan celaka. Kehancuran seseorang karena banyak makan."


Nabi Muhammad SAW bersabda :"Tiga orang yang dibenci Allah bukan karena ia berbuat dosa, namun adalah orang yang banyak makan, orang yang kikir, (bakhil) dan orang yang sombong."

Cara lain mengurangi makan adalah merenungkan bahaya-bahaya yang timbul karena banyak makan, yaitu beberapa penyakit dan lemahnya fisik. Juga disebutkan timbul kekenyangan yang menghilangkan kecerdasan.

Galinus mengatakan : "Buah delima semuanya bermanfaat, ikan semuanya berpengaruh buruk, tetapi sedikit makan ikan lebih baik daripada banyak makan buah delima. Di dalamnya terdapat penghamburan harta. Makan hingga melebihi batas kenyang merupakan bahaya dan mengandung siksa di akhirat nanti. Orang yang banyak makan dibenci orang."

Cara mengurangi makan adalah dengan memilih makanan yang membosankan, mendahulukan makanan yang lebih lunak dan lebih menggiurkan. Tidak makan bersama-sama dengan orang yang lapar, kecuali bila ada maksud yang baik, misalnya makan yang banyak agar kuat dalam berpuasa, salat dan amal-amal yang lain.

COMMENTS :

Don't Spam Here

0 komentar to “Sebab-sebab Malas”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 Fresh Themes Gallery | NdyTeeN. All Rights Reserved. Powered by Blogger and Distributed by Blogtemplate4u .