2

Senin, 15 Februari 2010

Teguh & Sabar dalam Belajar

Ketahuilah, bahwa kesabaran dan keteguhan merupakan modal yang bersar dalam segala hal, tetapi hal itu sangat jarang yang melakukannya, sebagaimana disitir oleh sebuah syair :



  • "Sesungguhnya sesuatu tentu ditergetkan pada tingkat yang paling tinggi (maksimal) tetapi jarang orang dapat bertahan dalam mencapainya."




Ada ungkapan: "Keberanian adalah kesabaran sesaat."

Dalam menuntut ilmu hendaknya bersabar dan bertahan kepada seorang guru dan kitab tertentu, sehingga ia tidak meninggalkannya sebelum sempurna. Dan tidak beralih dari seseuatu bidang ilmu ke bidang yang lain sebelum benar-benar memahaminya dengan yakin. Juga tidak berpindah dari suatu daerah ke daerah lain tanpa ada sesuatu yang memaksa. Karena bila semua itu bila tidak diindahkan, maka urusan menjadi kacau, hati jadi gelisah, menyia-nyiakan waktu dan menyakiti perasaan guru.

Sebaiknya ia juga bersabar mengendalikan apa yang diinginkan, penyair mengungkapkan :



  • "Sesungguhnya hawa nafsu itu memang pada dasarnya hina, barang siapa kalah oleh hawa nafsu, berarti dia kalah oleh kehinaan."




Ia juga harus sabar dalam menghadapi berbagai cobaan dan bencana. Ada ungkapan : "Gedung-gedung yang menyimpan cita-cita luhur itu terletak di atas timbunnya cobaan bencana."

Pernah kudengar syair yang konon merupakan gubahan Sayyidina Ali ra :



  • "Ingatlah, kamu tidak akan meraih ilmu kecuali dengan enam hal yang akan kuterangkan semuanya berikut ini.


  • Yaitu kecerdasan, minat yang besar, kesabaran, bekal yang cukup, petunjuk guru dan waktu yang lama."



COMMENTS :

Don't Spam Here

0 komentar to “Teguh & Sabar dalam Belajar”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 Fresh Themes Gallery | NdyTeeN. All Rights Reserved. Powered by Blogger and Distributed by Blogtemplate4u .