2

Jumat, 05 Februari 2010

Definisi Ilmu

Pengertian ilmu adalah suatu sifat yang dengannya dapat jelas pengertian suatu hal yang disebut, sedang ilmu fikih adalah pengetahuan tentang kelembutan-kelembuat ilmu (kedalaman ilmu).

Abu Hanifah berpendapat : "Fikih adalah pengetahuan jiwa seseorang mengenai apa yang bermanfaat dan berbahaya baginya." Katanya lagi : "Tidak ada ilmu kecuali dengan diamalkan, dan mengamalkannya adalah meninggalkan duniawai untuk tujuan ukhrawi." Setiap orang sebaiknya tidak sampai melupakan dirinya dari hal-hal yang bermanfaat dan yang berbahaya baginya baik di duni dan akhirat, sehingga ia dapat memetik hal-hal yang bermanfaat dan menghindari hal-hal yang berbahaya, agar akal dan ilmunya tidak menjadi dalih dan menyebabkannya bertambah siksanya. Kita berlindung diri kepada Allah dari murka dan siksa-Nya.

Banyak sekali firman Allah dan hadis Nabi saw, yang sahih dan masyhur yang mendapatkan keistimewaan dan keutamaan ilmu. Kami tidak menjabarkannya agar kitab ini tidak bertele-tele.

COMMENTS :

Don't Spam Here

0 komentar to “Definisi Ilmu”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 Fresh Themes Gallery | NdyTeeN. All Rights Reserved. Powered by Blogger and Distributed by Blogtemplate4u .